Translate

Jumat, 08 Juni 2012

RPP paragraf Deduktif dan Induktif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




A.  STANDAR KOMPETENSI
          Menulis: menggungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola    deduktif dan induktif.

B. KOMPETENSI DASAR
         Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
  
C. INDIKATOR
    a. Kognitif
  • proses
         Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
         Menemukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
         Menemukan paragraf induktif dan deduktif
  • Produk
        Menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
        Menentukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
        Menentukan paragraf induktif dan deduktif

  b. Psikomotor
  •  Menjelaskan perbedaan paragraf deduktif dan induktif
  c.. Afektif
  •  Karakter 
             Tanggung jawab
             Kritis
             Disiplin
  •   Keterampilan sosial      
            Berbahasa santun dan komunikatif       
            Partisipasi dalam (kerja sama) kelompok      
            Membantu teman yang mengalami kesulitan
 
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
   a.   Kognitif
  • Proses
            Setelah membaca dan memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca         nyaring, siswa secara berkelompok diharapkan dapat
         Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
         Menemukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
         Menemukan paragraf induktif dan deduktif
  • Produk
           Setelah menemukan hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa secara berkelompok diharapkan dapat
          Menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
          Menentukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
          Menentukan paragraf induktif dan deduktif

   b. Psikomotor  
           Setelah menentukan dan memahami hasil pencapaian tujuan produk di atas, siswa secara mandiri diharapkan dapat
  •     Menjelaskan perbedaan paragraf deduktif dan induktif 
   c.  Afektif
  • Karakter
           Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku yang meliputi sikap:
           Tanggung jawab
           Kritis
           Disiplin
  • Keterampilan sosial
            Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan kecakapan sosial yang meliputi:
          Berbahasa santun dan komunikatif
          Partisipasi dalam (kerja sama) kelompok
          Membantu teman yang mengalami kesulitan


  E. MATERI PEMBELAJARAN
       a.    Paragraf yang berpola deduktif dan induktif
       b     Kalimat utama dan kalimat penjelas
       c     Perbedaan deduktif dan induktif
  
 F.MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
      a.  Pendekatan: Pembelajaran Kontekstual
      b.   Model Pembelajaran: Kooperatif Tipe STAD
      c.    Metode: tanya jawab, pemodelan, penugasan, dan unjuk kerja
 
  G. BAHAN DAN MEDIA
      a.   Wacana tulis (artikel)
             LKS
             Kertas HVS
       b. ALAT
             Spidol
             Format evaluasi
             Pedoman penilaian dan penskoran

H. SKENARIO PEMBELAJARAN
NoKegiatam                             Penilaian Pengamat                                       

PERTEMUAN I (80 menit)
123    4      
A1Kegiatan Awal (15):Tahap 1 (5 menit): Pemancingan dengan mula-mula menanyakan kesiapan belajar siswa, lalu menanyakan pengetahuan dan pengalaman siswa tentang paragraf.
Tahap 2 (10 menit): Pengarahan dengan mula-mula bertanya jawab tentang jenis-jenis paragraf  berdasarkan letak kalimat utamanya, kemudian diakhiri dengan penegasan guru tentang tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam proses pembelajaran pada pertemuan itu. 

       
       
    
B1
Kegiatan Inti (55 menit):(55 menit): guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, kemudian memberikan pemahaman kepada siswa mengenai paragraf deduktif dan induktif, serta perbedaan antara kalimat utama dan kalimat penjelas




C1Kegiatan Akhir (10 menit)Siswa bersama guru merumuskan kesimpulan umum atas semua butir pembelajaran yang telah dilaksanakan;
Siswa  diminta menyampaikan kesan dan saran (jika ada) terhadap proses pembelajaran yang baru selesai mereka ikuti;
Guru menugaskan siswa untuk mencari artikel di media masa yang akan mereka identifikasi paragraf deduktif dan induktif  






  I. SUMBER PEMBELAJARAN
    Wacana tulis
    Materi Essensial MGMP Sekolah
    Lembar Pegangan Guru
    LKS 1 ; LKS 2
    LP 1 ; LP 2
    Silabus


  J.  EVALUASI DAN PENILAIAN
a. Evaluasi
    Evaluasi Proses: dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas, diskusi, kegiatan tanya jawab, dan dialog informal.
    Evaluasi Hasil: dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas dan pengerjaan tes, dan pengamatan unjuk keterampilan (performance)

b. Penilaian
     a.    Jenis Tagihan Penilaian: LKS 1 dan LP 1, LKS 2 dan LP 2, , LP 4, LP 5
           Tugas Individu: menggunakan LKS 3 ; LP 3
            Bentuk Instrumen Penilaian:
            Uraian bebas
            Jawaban singkat
             Pilihan ganda









Satuan Pendidikan    : SMA
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : XI/I
Standar Kompetensi : Membaca
Kompetensi Dasar    : Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan           membaca intensif

LEMBAR PEGANGAN GURU
 (LPG)

1.  Pengertian Paragraf

         Paragraf (dari bahasa Yunani paragraphos, “menulis di samping” atau “tertulis di samping“) adalah Unit terkecil sebuah karangan yang terdiri dari kalimat pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas atau gagasan penjelas. Paragraf dikenal juga dengan nama lain alinea. Paragraf dibuat dengan membuat kata pertama pada baris pertama masuk ke dalam (geser ke sebelah kanan) beberapa ketukan atau spasi.
Syarat sebuah paragraf di setiap paragraf harus memuat dua bagian penting, yakni :
    Kalimat utama
Biasanya diletakkan pada awal paragraf, tetapi bisa juga diletakkan pada bagian tengah maupun akhir paragraf. Kalimat pokok adalah kalimat yang inti dari ide atau gagasan dari sebuah paragraf. Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas.
    Kalimat Penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberikan penjelasan tambahan atau detail rincian dari kalimat pokok suatu paragraf.

2. Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama

         Letak kalimat utama juga turut menentukan jenis paragraf. Penjenisan paragraf berdasarkan letak kalimat utama ini terbagi atas 4 yakni :
    Paragraf Deduktif
Paragraf dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat utama. Kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan kalimat utama. Paragraf ini biasanya dikembangkan dengan metode berpikir deduktif, dari yang umum ke yang khusus.

        Dengan cara menempatkan gagasan pokok pada awal paragraf, ini akan memungkinkan gagasan pokok tersebut mendapatkan penekanan yang wajar. Paragraf semacam ini biasa disebut dengan paragraf deduktif, yaitu kalimat utama terletak di awal paragraf.

    Paragraf Induktif
Paragraf ini dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan atau perincian-perincian, kemudian ditutup dengan kalimat utama. Paragraf ini dikembangkan dengan metode berpikir induktif, dari hal-hal yang khusus ke hal yang umum.
    Paragraf Campuran (Deduktif-Induktif)
Pada paragraf ini kalimat topik ditempatkan pada bagian awal dan akhir paragraf. Dalam hal ini kalimat terakhir berisi pengulangan dan penegasan kalimat pertama. Pengulangan ini dimaksudkan untuk lebih mempertegas ide pokok. Jadi pada dasarnya paragraf campuran ini tetap memiliki satu pikiran utama, bukan dua.
    Paragraf Tersebar
Paragraf ini tidak mempunyai kalimat utama, berarti pikiran utama tersebar di seluruh kalimat yang membangun paragraf tersebut. Bentuk ini biasa digunakan dalam karangan berbentuk narasi atau deskripsi.



DAFTAR PUSTAKA

               Irawan, yudi (dkk). 2007. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Perbukuan






















LEMBAR PENILAIAN
LP 1 : KOGNITIF PROSES
Pedoman Penskoran LKS 1
No.
 Komponen

Deskriptor

Skor

Bobot

Skor X Bobot

Catatan
1.Menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam  paragraf   a.Dapat menemukan kalimat utama  dan kalimat penjelas pada semua paragraf
b.Hanya dapat menemukan kalimat utama  dan  kalimat penjelas pada beberapa  paragraf .
c.Tidak dapat menemukan  kalimat utama dan kalimat penjelas dalam paragraf.  
2


1


0
   5

2Menemukan paragraf yang berpola deduktif dan induktif a.Dapat menemukan paragraf yang berpola deduktif dan induktif  pada semua paragraf
b.Hanya dapat menemukan paragraf yang berpola deduktif dan induktif  pada beberapa  paragraf .
c.Tidak dapat menemukan  paragraf yang berpola deduktif dan induktif  pada semua paragraph  

2


1


0

  5


Jumlah





Catatan :  0 = Sangat kurang  1  = kurang   2 = baik 
Cara Pemberian Nilai
Rumus :
nilai=(skor perolehan siswa)/(skor maksimum)    X 100
 
 
 
 
  LP 2 : KOGNITIF PRODUK
Pedoman Penskoran LKS 2
           
No.
 Komponen

Deskriptor

Skor

Bobot

Skor X Bobot

Catatan
1.Menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam  paragraf   a.Dapat menemukan kalimat utama  dan kalimat penjelas pada semua paragraf
b.Hanya dapat menemukan kalimat utama  dan  kalimat penjelas pada beberapa  paragraf .
c.Tidak dapat menemukan  kalimat utama dan kalimat penjelas dalam paragraf.  
2


1


0
   5

2Menemukan paragraf yang berpola deduktif dan induktif a.Dapat menemukan paragraf yang berpola deduktif dan induktif  pada semua paragraf
b.Hanya dapat menemukan paragraf yang berpola deduktif dan induktif  pada beberapa  paragraf .
c.Tidak dapat menemukan  paragraf yang berpola deduktif dan induktif  pada semua paragraph  

2


1


0

  5


Jumlah





Catatan :  0 = Sangat kurang  1  = kurang   2 = baik  Cara Pemberian Nilai
Rumus :nilai=(skor perolehan siswa)/(skor maksimum)    X 100
              

LP 3 = Psikomotor
Pedoman Penskoran LKS 3
No.
 Komponen

Deskriptor

Skor

Bobot

Skor X Bobot

Catatan
1.Menjelaskan perbedaan paragraf deduktif dan induktif    a.Dapat menjelaskan dengan sangat jelas dengan bahasa yang efektif dan santun.
b.Dapat menjelaskan, namun dengan terbata-bata.
c.Tidak dapat menjelaskan apa-apa.  
 
3

2

0   
   5

Jumlah





Catatan :  0 = Sangat kurang 2 = cukup baik  3 = baik 
Cara Pemberian Nilai
Rumus :nilai=(skor perolehan siswa)/(skor maksimum)    X 100






LP 4 = Afektif : Perilaku Berkarakter
 
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
No.
Rincian tugas kinerja
Memerlukan perbaikan(D)Menunjukkan kemajuan(C)
Memuaskan(B)
Sangat baik
(A)
1.Tanggung jawab     






  
2Kritis   









 

3Disiplin   





Petunjuk :
Berikan penilaian atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut :
A = sangat baik            B = memuaskan
C = Cukup baik            D = kurang baik

        


Hari/Tanggal :

Guru/Pengamat


(…………………..)


LP 5 = Afektif : Perilaku Keterampilan Sosial

Format Pengamatan Keterampilan Sosial
No.
Rincian tugas kinerja
Memerlukan perbaikan(D)Menunjukkan kemajuan(C)
Memuaskan(B)
Sangat baik
(A)
1. Berbahasa santun dan komunikatif    






  
2Partisipasi dalam (kerja sama) kelompok









 

3Membantu  teman yang kesulitan 




Petunjuk :
Berikan penilaian atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut :
A = sangat baik            B = memuaskan
C = Cukup baik            D = kurang baik



Hari/Tanggal :

Guru/Pengamat


(…………………..)




MEDIA PEMBELAJARAN
Bacalah Kutipan Artikel Berikut!

Efek Rumah Kaca

Segala sumber energi yang terdapat di bumi berasal dari matahari. Sebagian besar energi tersebut dalam bentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika mengenai permukaan bumi, energi berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi. Permukaan bumi akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini sebagi radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun, sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbondioksida dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini.gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi. Akibatnya panas akan tersimpan di permukaan bumi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang dan mengakibatkan suhu rata-rata  tahunan bumi terus meningkat.
Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsenterasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya. Sebenarnya, efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala mahkluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya planet ini akan menjadi sangat dingin. Dengan temperatur rata-rata sebesar 15˚C (59˚F), bumi sebenarnya telah lebih panas 33˚C (59˚F) dengan efek rumah kaca (tanpanya suhu bumi hanya -18˚C sehingga es akan menutupi seluruh permukaan bumi). Akibatnya jumlah gas-gas tersebut telah berlebihan di atmosfer, pemanasan global menjadi akibatnya.
Kenaikan suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan.misalnya naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser dan punahnya berbagai jenis hewan
Beberapa hal yang masih diragukan para ilmuwan adalah jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi pada masa depan dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perbedaan politik dan publik di dunia mengenai tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut. Sebagian besar Negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca

                              
                                                                                                         Kendari,  Desember 2011
Guru Pamong                                                                                               Mahasiswa KKP                                                              
                                      

HARLINA, S.Pd                                                                                             A R I S
NIP  197605292007012012                                                                     A1D1 07 105   
                                                                             



                                                                         Mengetahui,
                                                       Kepala SMA Kartika VII-2 Kendari


           Drs. H. NP. DAHLAN             
                                                              NIP                                 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar