Translate

Kamis, 07 Juni 2012

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BAHASA INDONESIA





Refleksi 1
 1. Bandingkanlah antara karakteristik perencanaan bahasa dengan pembinaan dan pengembangan bahasa!
 2. Jelaskanlah hubungan antara politik bahasa dengan pembinaan dan pengembangan bahasa!

Jawab
1.    Karakteristik perencanaan bahasa yaitu pengetahuan mengenai situasi kebahasaan merupakan   data sosiolinguistik yang akan dievaluasi untuk menentukan jenis masalah apa saja dan dibuatkan rencana kegiatan serta dievaluasi meliputi penerapan sasaran atau tujuan serta penetapan garis haluan untuk mencapai sasaran itu. Sedangkan sedangkan pembinaan dan pengembangan bahasa adalah dilandasi oleh latar belakang teoretik dan emperik tertentu di antaranya adalah kenyataan perkembangan bahasa-bahasa di Indonesia yang untuk keteraturannya telah mendorong lahirnya rumusan politik bahasa nasional yang dicapai melalui seminar politik bahasa nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bahasa Indonesia.
2.    Hubngan antara politik bahasa dengan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia  merupakan sebagai bahan rujukan garis haluan operasional pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra di Negara kita.


Refleksi 2
Bagaimanakah persamaan dan perbedaan pandangan antara Moeliono dan Kridalaksana tentang standardisasi bahasa?

Jawab
Mengenai istilah baku dan pembakuan yang digunakan dalam perencanaan bahasa di Indonesia pada dasarnya digunakanuntuk padanan istilah standard dan standardization dan diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi standar dan standardisasi. Persamaan antara kridalaksana dan Moeliono yaitu mereka  menggunakan istilah ini dan setuju dimasukan ke dalam perencanaan bahasa, akan tetapi mereka mempunyai anggapan yang berbeda mengenai makna istilah standard an standadisasi. Kridalaksana beranggapan bahwa standardisasi berbeda dengan pembakuan, standardisasi bisa berupa kata benda dan pembakuan itu kata sifat, sedangkan moeliono berpandangan bahwa standardisasi dan pembakuan itu sama dan tidak ada perbedaan.





Refleksi 3
 1. Jelaskan konsep garis haluan pembinaan dan pengembangan bahasa menurut rumusan Seminar Politik Bahasa Nasional pada tahun 1974/1975 dan rumusan Seminar Politik Bahasa pada tahun 1999!
 2. Bandingkanlah antara hasil Seminar Politik Bahasa Nasional tahun 1975 dan Seminar politik Bahasa tahun 1999 tentang cakupan kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa di Indonesia!

Jawab
1.    Garis haluan pembinaan dan pengembangan yang dimaksud adalah kebijakan nasional yang dijadikan bahan rujukan  yang paling lengkap terarah, dan terencana dalam upaya pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia saat ini.
2.    Pada Seminar 1975 cakupan kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa meliputi pemeliharaan dan pengembangan bahasa-bahasa di Indonesia supaya dapat memenuhi fungsi dan kedudukannya dan juga masalah kesusastraan, karena kesusastaan merupakan faktor penunjang perkembangan bahasa dan kebudayaan yang bersangkutan, sedangkan  pada Seminar 1999 cakupan kegiatannya yang meliputi pengembangan antara lain penelitian, pembakuan, pemeliharaan dan pengembangan bahasa-bahasa di Indonesia supaya dapat memenuhi fungsi dan kedudukannya, serta untuk berbagai keperluan dalam kehidupan masyarakat modern, dan pembinaan yang meliputi peningkatan sikap, pengtahuan, dan keterampilan berbahasa yang dilakukan, antara lain, melalui pengajaran dan pemasyarakatan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar