Translate

Kamis, 07 Juni 2012

MENGANALISIS BUKU


                                                   

        Adapun buku yang akan saya nilai berjudul “MENGGALI KHAZANAH SASTRA MELAYU KLASIK” adapun untuk menilai buku ini ada beberapa pertanyaan sebagai acuan penilaian antara lain:
1. Kepada siapa buku ini di tujukan?                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
       Adapun buku ini di tujukan kepada para pencinta sastra Indonesia yang masih saja kurang akrab dengan sastra indonesia lama. Salah satu kendalanya adalah langkanya jenis sastra tersebut diteliti dan dibicarakan. Kalaupun ada buku-buku hasil penelitian tersebut agaknya justru dari karya orang-orang barat, yang kemudian kita kaji dan teliti.
      Buku “MENGGALI KHAZANAH SASTRA MELAYU KLASIK” yang ditulis oleh Dr. Edwar Djamaris ini diterbitkan untuk menjembatani dan sekaligus mengisi kekurangan yang dimaksudkan diatas.
2. Apa yang dibahas dan dikemukakan dalam buku ini?
    Yang dikemukakan dalam buku ini adalah tentang sejarah sastra Indonesia lama yang umum sifatnya pertama kali. Serta dalam buku ini membahas beberapa masalah sastra Indonesia lama berupa esai. Esai yang dikumpulkan membahas ketiga masalah pokok dengan perincian enam esai mengenai sastra tradisional, empat esai mengenai sastra sejarah, dan lima esai mengenai sastra Indonesia lama pengaruh islam. Disertai juga dengan penggolongan sastra melayu klasik.
3. Bagaimana cara penulis mengatakan tulisannya?
        Dalam buku ini penulis mengatakan tulisannya dengan memeprkuat data yang didapatkannya sesuai dengan data yang sebenarnya atau fakta, tanpa mengurangi atau melebihkan dari data yang diperoleh. Serta dalam buku ini penulis menjelaskan bagaimana proses penggolongan sastra melayu klasik sesuai dengan pikirannya. Ia mencoba menggolongkan sastra lama berdasarkan bentuk, isi, dan pengaruh asing. 
4. Apakah buku ini benar seluruhnya atau sebagian?
         Buku ini benar seluruhnya, terbukti dari berbagai karya-karya yang terdapat dalam buku ini seperti pantun, peribahasa, dan lain-lain yang diambil dari berbagai sumber buku yang sudah di cantumkan siapa penulisnya dan kapan tahun terbitnya serta data-data lain yang sudah di teliti.
5. Apa yamg dikatakan tentang topik? 
         Dalam buku ini topiknya adalah menjelaskan tentang menggali makna sastra, serta bagaiman perkembangan sastra lama tersebut, dan bagaimana pengaruhnya bagi masyarakat dalam berbagai aspek berdasarkan nilai yang terkandung dalam karya sastra tersebut, serta pengaruh budaya terhadap sastra lama Indonesia.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar